Semua artikel yang di tampilkan di Blog paramaya ini didapat dari berbagai Sumber Publik dari Blog atau Website yang berbeda dari masing-masing pemilik, kami hanya mendistribusikan untuk ikut menambah Ilmu atau Wawasan kepada khalayak ramai, Jika ada yang keberatan dengan artikel yang telah ditampilkan, segera beritahu via Email yang telah disiapkan, artikel yang berkaitan dengan hal tersebut akan secepatnya kami hapus dari Blog ini

Sabtu, 03 September 2011

Melongok "Rumah" Tim MotoGP





lintasberita

Selain punya deretan trailer di belakang paddock, tim-tim MotoGP juga memiliki "rumah" yang terletak di area khusus. Biasanya, "rumah-rumah" itu digunakan untuk bersantai para staf dan juga sebagai ruang hospitality para tamu tim.

Melongok
Jejeran motor lawas ini adalah milik Yamaha. Motor-motor ini digunakan untuk parade Yamaha dalam memperinngati keikutsertaan mereka di dunia balap motor yang ke-50.

Melongok
Dengan didominasi warna biru, ini adalah bangunan milik Yamaha. Tampak gambar besar dari kedua pembalap mereka, Jorge Lorenzo dan Ben Spies, di depan bangunan.

Melongok
Tentu sudah bisa ditebak ini "rumah" milik tim mana. Ya, ini adalah milik tim Honda yang letaknya justru berseberangan dengan milik tim Yamaha.

Melongok
Ducati punya "rumah" dengan didominasi warna merah dan putih. Letaknya tak jauh dari bangunan milik Yamaha dan Honda.

Melongok
Bangunan dengan warna hijau kekuning-kuningan ini adalah milik tim Pramac. "Rumah" setiap tim tergolong nyaman dengan fasilitas wi-fi dan berbagai makanan enak yang disajikan.

Melongok
Ini adalah area untuk bersantai yang berada di area khusus yang hanya boleh dimasuki oleh para staf tim atau tamu undangan mereka.

Melongok
Lihat foto Marco Simoncelli di depan pintunya?Ya, ini adalah "rumah" milik tim Honda Gresini.

Melongok
Warna biru mendominasi "rumah" milik tim Risla Suzuki ini.

Melongok
Ini memang bukan "rumah" milik tim mana pun. Ini adalah ruangan khusus milik Bridgestone. Di sinilah mereka mempersiapkan ban-ban sebelum balapan.






sumber

Film-Film Indonesia Yang Terlihat Seperti Film Asing





lintasberita

Awalnya saya iseng-iseng mencari data-data tentang film-film Indonesia di IMDB.com dan saya menemukan satu fakta menarik sekaligus membanggakan tentang film Indonesia. Ternyata Indonesia memang pernah sangat berjaya dalam bidang perfilman. Ternyata di jaman dulu film-film Indonesia banyak yang bekerja sama dengan negara-negara besar mulai dari Belanda, Belgia, bahkan Amerika Serikat (atau hanya aktornya saja), bahkan film-film tersebut juga direlease di luar negeri (saya kira hanya film-film indonesia yang sekarang saja yang bisa menembus pasar Internasional). 

Mungkin banyak di antara kita yang bertanya-tanya, kapan Indonesia pernah bekerja sama dengan negara sekelas Amerika Serikat (Hollywood) (yang notabene adalah Negara dengan Industri film paling besar di dunia) dalam memproduksi sebuah film. Saya sendiri juga masih ragu, tapi coba lihat beberapa film di bawah ini. Meskipun terkesan seperti film-film asing, Ternyata film-film tersebut adalah hasil karya Indonesia yang bekersama dengan negara-negara luar:

(Saya tidak bisa berkomentar tentang filmnya, karena saya sendiri juga belum nonton. Jadi yang akan saya perlihatkan dalam postingan ini adalah detail filmnya)

Max Havelaar (1976) 


Genres: Drama

Tanggal Release:
Netherlands 9 September 1976 USA October 1977 (Chicago International Film Festival)
USA 21 January 1979 (New York City, New York)
Hungary 30 April 1981
Finland 14 August 1981
Sweden 25 December 1982
Czech Republic 29 January 2001 (Febio Film Festival)

Country: Indonesia | Netherlands
Language: Dutch | Malay

Ferocious Female Freedom Fighters (1982)

Genres: Action | Comedy
Country: Indonesia | USA
Language: Indonesian

Lady Terminator (1989) 

Genres: Action | Horror

Tanggal Release:
USA 10 June 1989 (New York City, New York)
Ireland 30 October 2005 (Dublin Horrorthon Film Festival)
Czech Republic 13 February 2010 (Festival otrleho divaka)

Country:Indonesia
Language:Indonesian
(film ini pemerannya rata-rata orang asing)

Angel of Fury (1992)


Genres: Action

Tanggal Release:
USA February 1991 (American Film Market)
Turkey 24 January 1992
Germany 21 November 1992 (video premiere)

Country: Indonesia
Language: Indonesian | English

Lady Dragon (1992) 


Genres: Action | Drama

Tanggal release:
Germany 15 June 1992 (video premiere)
Portugal 11 July 1992

Country: Indonesia
Language: English | Indonesian
(Film ini juga memiliki sekuel berjudul “Lady Dragon 2”.)

Rage and Honor II (1993)

Genres: Action | Crime | Drama | Thriller
Tanggal Release: Germany 1 February 1993 (video premiere)
Country: Indonesia | USA
Language: English | Indonesian

Oeroeg (1993)

Genres: Drama

Tanggal Release:
Netherlands 10 June 1993
Belgium November 1993 (Gent)
Portugal February 1994 (Fantasporto Film Festival)

Country: Indonesia | Belgium | Netherlands
Language: Dutch | Indonesian

Blood Warriors (1993)

Genres: Action | Drama
Tanggal release: USA 15 December 1993 (video premiere)
Country: Indonesia | USA
Language: English

Without Mercy (1995)

Genres: Action
Country: Indonesia | USA
Language: English | Indonesian

Catatan: Mungkin keliatannya agak norak ya, tapi menurut saya film-film tersebut tergolong hebat pada jamannya.

TAMBAHAN:

Kalau yang di atas adalah film-film jadul. Di bawah ini adalah film-film Indonesia yang diproduksi tahun 2000an yang juga hasil kerja sama antara Indonesia dengan negara-negara luar.

The Photograph (2007) 


Genres: Drama

Tanggal Release:
Indonesia 5 July 2007 Indonesia 14 December 2007 (Jakarta International Film Festival)
Czech Republic 11 July 2008 (Karlovy Vary International Film Festival)
Brazil 26 September 2008 (Rio de Janeiro International Film Festival)
Brazil 17 October 2008 (São Paulo International Film Festival)
Philippines 19 October 2008 (Cinemanila International Film Festival)
USA 21 January 2009 USA 13 October 2009 (Indie Memphis Film Festival)
France 25 November 2009 (TV premiere)

Country: Indonesia | France | Netherlands | Sweden | Switzerland
Language: Indonesian

Golden Goal! (2008)

Genres: Comedy | Sport
Country: Indonesia
Language: English
(film ini pemainnya rata-rata orang asing)

Solartaxi: Around the World with the Sun (2010)

Genres: Documentary | Adventure
Country: Germany | Indonesia | USA | India | Australia | China
Language: English

Amphibious 3D (2010)


Genres: Horror

Tanggal Release:
Spain 12 October 2010 (Sitges International Fantastic Film Festival)
Netherlands 1 November 2010
Indonesia October 2011
USA November 2011

Country: Netherlands | Indonesia
Language: English

Stand van de Sterren (2011)

Genres: Documentary | History

Tanggal Release:
Netherlands 20 November 2010 (IDFA film festival)
USA January 2011 (Sundance Film Festival) (premiere)
Netherlands 3 March 2011
Greece 12 March 2011 (Thessaloniki Documentary Festival)
USA 26 April 2011 (San Francisco International Film Festival)
Russia 25 June 2011 (Moscow Film Festival)

Country: Netherlands | Indonesia
Language: Indonesian

Eyes of a Beginner (2011)

Genres: Adventure | Drama | Romance
Country: Canada | Indonesia | Nepal | India | Japan
Language: English

Enter the Hamster (2011)

Genres: Action | Comedy | Music
Country: Australia | Indonesia
Language: English | Indonesian

Catatan: Silahkan klik masing-masing judul film untuk melihat data yang lebih lengkap. Mungkin masih banyak lagi film yang lainnya, tapi hanya yang di atas saja yang bisa saya masukkan.


source

Berbagai Macam Teknik Fotografi





lintasberita

1. Depth of field (ruang tajam)
Hal-hal yang mempengaruhi ruang tajam:
-Jarak pemotretan (jauh=luas, dekat=sempit)
-Bukaan diafragma (kecil=luas, besar=sempit)
-Jarak fokus lensa /focal length (tele=sempit, wide=luas, normal=bisa diatur)
http://hermawayne.blogspot.com
Contoh foto dengan teknik depth of field

2. Panning
-Panning adalah salah satu cara untuk memberikan kesan gerak pada foto.
-Ketika melakukan panning, anda harus mengikuti objek selama membidik.
-Hasil foto menjadikan objek menjadi relatif tajam dibandingkan dengan backgroundnya yang hampir sepenuhnya blur.
-Untuk mendapatkan foto panning secara maksimal; dengan speed rendah (8-60), dan pakailah tripod (kaki tiga).
http://hermawayne.blogspot.com
Contoh foto dengan teknik panning

3. Slow & stop action
-Slow action : salah satu teknik fotografi yang bertujuan memperlihatkan/menangkap gerakan objek. Biasanya digunakan kecepatan rendah, antara 1/30 sampai 1 detik
-Stop action : kebalikan dari slow, yaitu teknik fotografi untuk bertujuan membekukan gerak objek. Biasanya digunakan kecepatan tinggi, antara 1/125 sampai 1/4000 atau lebih.
http://hermawayne.blogspot.com
Contoh foto dengan teknik slow action

Data teknis:
-Kamera : Nikon FM10
-Lensa : 35 – 70 mm
-Speed : 8
-Diafragma : 3,5
-ASA : 200
-Lokasi : TBS
http://hermawayne.blogspot.com
Contoh foto dengan teknik slow action

Kamera : Canon 30D, speed : 10, diapragma : 5,6 ASA: 1600
http://hermawayne.blogspot.com
Contoh foto dengan teknik stop action

Data teknis:
-Kamera : Nikon D100 Digital
-Lensa : 28 – 105 mm Nikkor D
-Speed : 125 (with soft box)
-Diafragma : 16
-ASA : 200

4. Zooming
-Zooming adalah teknik foto untuk memberikan kesan gerak dengan mengubah panjang fokus lensa.
-Perubahan panjang fokus hanya dapat dilakukan dengan lensa zoom.
-Untuk mendapatkan kesan gerak, anda harus menggunakan kecepatan rana tidak lebih dari 1/30 detik.
-Untuk mendapatkan foto zooming secara maksimal, pakailah tripod (kaki tiga)

Data teknis:
-Kamera : Nikon D100 Digital
-Lensa : 28 – 80 Nikkor D
-Speed : 5 (with flash)
-Diafragma : 3.5
-ASA : 400
-White balance : flash
http://hermawayne.blogspot.com
Contoh foto dengan teknik zooming

5. Bulb
-Kecepatan rana dapat diatur sesuai dengan waktu yang kita inginkan.
-Teknik ini dilakukan dengan menahan tombol pelepas rana dengan lebih lama.
-Untuk mendapatkan hasil foto bulb secara maksimal, dapat digunakan kabel release dan tripod.
-Misal, kita mempergunakan kecepatan 30 detik sampai habis waktu perekaman cahaya.
http://hermawayne.blogspot.com
Contoh foto dengan teknik bulb

sumber

Nostalgia MotoGP 1997 (gp500) Sentul Indonesia





lintasberita





agan agan para penggemar motogp masih inget gak waktu motogp (dulu masih bernama gp500) digelar di sirkuit sentul tahun 1997. nih gan gambar2nya. waktu itu okada keluar sebagai juara seri di sentul disusul Doohan di posisi kedua.

waktu itu masih pemerintahannya Soeharto, atau satu tahun sebelum runtuhnya orde baru.  .

sentul juga pernah menggelar Superbike dan tentunya A1. hal yg belum pernah Indonesia rasakan adalah menjadi tuan rumah F1 .

 tiket gp Indonesia 1997:

gp500:















 Podium:

source

Tashiro, Pulau Di Jepang Yang Penduduknya Kebanyakan Adalah Kucing





lintasberita


http://www.cctv.com/program/newshour/20090716/images/1247730410406_1247730410406_r.jpg

DESA Tashiro dikenal di Jepang sebagai 'Pulau Kucing'. Namun kini warganya yang kebanyakan sudah lanjut usia mengharapkan hal lain yakni kedatangan warga baru. Dihuni 100 warga, rata-rata di atas 70 tahun, komunitas Tashiro mengharap para kucing bisa menjadi magnet dalam kampanye menarik wisatawan dan pada akhirnya menambah jumlah penghuni desa.

"Kalau dilihat desa ini seolah begitu damai. Tapi kalau misalnya ada kebakaran, tidak ada yang bisa menolong kami. Saya berharap banyak anak muda pindah ke sini. Di Tashiro banyak warga yang mau mengajari mereka cara menangkap ikan," ungkap Yutaka Hama, 49, sebagai pimpinan badan promosi wisata Tashiro.

Hama pindah ke Tashiro beberapa tahun lalu dan kini juga mencari nafkah sebagai pengelola penginapan dan nelayan. Istrinya, Aiko, sejauh ini merupakan perempuan termuda di desanya pada usia 37 tahun. Selain Aiko, kebanyakan perempuan Tashiro sudah berusia di atas 60 tahun.

Tashiro tidak dihuni seekor anjing pun. Selain itu, pemandangan yang biasa terlihat di kota-kota modern di Jepang juga absen. Sebut saja misalnya toko serba ada, lampu lalulintas sampai anak-anak. Populasi manusia di situ telah menurun sepuluh kali lipat sejak 1960, karena banyak warga pindah ke kota lain.
http://media.bonnint.net/dado/oss-trav/2/224/22421.jpg?name=TI-2.jpg&filter=resize&w=375

Namun beberapa tahun lalu, Tashiro mulai terkenal sebagai 'Pulau Kucing'. Waktu itu sebuah stasiun televisi membuat acara tentang Jack the Lop Ear, seekor kucing jantan belang hitam-putih. Sekarang Jack adalah atraksi utama di kotanya. Gerak-geriknya yang lamban dibanding kucing lain malah membuat popularitasnya meroket.

"Saya begitu senang bisa melihat Jack. Setelah pensiun, saya mau tinggal di sini saja," tutur Shiho Amano, 18, yang menyukai kucing. Amano khusus datang dari Nagoya ke Tashiro untuk menyaksikan pameran foto yang digelar badan promosi wisata. Telepon genggamnya sudah penuh oleh foto-foto kucing terkenal itu.

Jack bukan kucing pertama yang menjadi idola nasional di Jepang. Bukan juga yang pertama mampu membawa keberuntungan untuk sebuah wilayah. Tahun lalu seekor kucing bernama Tama diangkat sebagai "pimpinan" stasiun kereta api Kinokawa di prefektur Wakayama.

Sebuah topi kepala stasiun pun diberikan kepadanya. Kehadiran Tama menggiring turis ikut datang ke kota kecil tersebut.

Para nelayan Tashiro sering memberi ikan kepada para kucing, Kehadiran kucing jadi gampang terdeteksi di pulau seluas 3,14 kilometer persegi dan terletak 20 kilometer dari pelabuhan Ishinomaki di utara Jepang itu.
http://en.tw.tranews.com/Show/images/Column/10413_1.jpg

Kapal feri penghubung ke pulau ini biasanya hanya mengangkut 10-20 penumpang per hari setelah musim panas. Namun sejak September lalu, jumlah itu meningkat dua kali lipat di hari biasa dan lebih dari tiga kali lipat pada akhir pekan.

"Kami lihat makin banyak yang datang membawa kamera dan makanan, bukannya alat pancing," ujar seorang pegawai kapal feri Ajishima. Ditambahkannya, para turis tetap datang meski sudah dekat musim dingin.

source

Jumat, 02 September 2011

10 Pantai paling Unik dan Aneh diDunia





lintasberita


1. Pantai kaca
Pantai Kaca berada digaris pantai di State Park MacKerricher di California. Setelah Perang Dunia II pantai ini digunakan sebagai tempat pembuangan, selama dua dekade akhirnya sbg tempat pembuangan dihentikan. Sejak saat itu, gelombang membawa  pecahan kaca ke pantai. tapi akhirnya jadi pemandangan yg menakjubkan



2.Inland Beach/Pantai Pedalaman

3. Pantai Bola Bowling
Dinamakan pantai bola bowling karena sepanjang garis pantai ini ada pemandangan yg cukup unik dengan adanya ribuan batu-batu yang seragam dalam ukuran dan bentuk yg mirip dengan bola bowling
.
4.  World's Most Crowded Beach/pantai paling Sesak di Dunia
Ini adalah Pantai berpasir terbesar di Asia, mungkin nomor satu di dunia pantai  ini terletak di Teluk Huiquan di Qingdao, Provinsi Shandong. Bahkan di musim dingin tpantai ini akan penuh sesak dengan para perenang.
.
5. Airport Beach
.
6. Pantai Air Panas
Pantai Air Panas ini terletak di Selandia Baru. Pantai ini dikunjungi 130.000 pengunjung setiap tahun. Air panas dapat mencapai 64 º C (147 º F), tetapi Anda harus menggali lubang untuk menikmatinya.
.
7.  Refrigerated Beach
.
8. Pantai Pasir Merah
.
9. Pantai Pasir Terputih di Dunia
.
10. Pantai Pasir Hijau
Papakolea Beach adalah pantai pasir hijau yang terletak di Titik Selatan, di kawasanKau Pulau Hawaii. Salah satu dari dua pantai pasir hijau di dunia, yang lainnya di Guam, pantai mendapat pewarnaan khusus dari kristal olivin ditemukan dalam kerucutcinder dekatnya.

Sejarah Pensil Dan Penghapus





lintasberita


PENSIL
Pensil adalah alat tulis dan lukis yang awalnya terbuat dari grafit murni. Penulisan dilakukan dengan menggoreskan grafit tersebut ke atas media. Namun grafit murni cenderung mudah patah, terlalu lembut, memberikan efek kotor saat media bergesekan dengan tangan, dan mengotori tangan saat dipegang. Karena itu kemudian diciptakan campuran grafit dengan tanah liat agar komposisinya lebih keras. Selanjutnya komposisi campuran ini dibalut dengan kertas atau kayu.

Sejarah
Penggunaan timbal dan grafit sudah dimulai sejak zaman Yunani. Keduanya memberikan efek goresan abu-abu, walaupun grafit sedikit lebih hitam. Grafit sangat jarang dipakai hingga kemudian pada tahun 1564 ditemukan kandungan grafit murni dalam jumlah besar di Borrowdale, sebuah lembah di Lake District, Inggris bagian utara. Meskipun kelihatan seperti batu bara, mineral tersebut tidak dapat terbakar, dan meninggalkan bekas berwarna hitam mengilap, serta mudah dihapus di atas permukaan yang bisa ditulisi.
Pada masa ini istilah grafit masih disalahartikan dengan timah, timah hitam, dan plumbago, artinya “seperti timah” mengingat sifatnya yang hampir sama. Karena itu istilah lead pencil (pensil timah) masih digunakan sampai sekarang. Karena teksturnya berminyak, bongkahan dibungkus dengan kulit domba atau potongan kecil timah berbentuktongkat dibebat dengan tali. Tidak seorang pun tahu siapa yang mula-mula mempunyai ide untuk memasukkan timah hitam ke dalam wadah kayu, tetapi pada tahun 1560-an, pensil yang primitif sudah sampai di benua Eropa.
Tak lama kemudian, timah hitam ditambang dan diekspor untuk memenuhi permintaan para seniman; dan pada abad ke-17, bisa dikatakan timah hitam telah digunakan di mana-mana. Pada waktu yang sama, para pembuat pensil bereksperimen dengan timah hitam untuk menghasilkan alat tulis yang lebih baik. Karena murni serta mudah diekstrak, timah hitam dari Borrowdale menjadi incaran pencuri dan pedagang gelap. Untuk mengatasinya, Parlemen Inggris mengeluarkan undang-undang pada tahun 1752 yang menetapkan bahwa pencuri timah hitam bisa dipenjarakan atau dibuang ke suatu koloni narapidana.
Carl W. Scheele
Namun pada tahun 1779, seorang ahli kimia Carl W. Scheele meneliti dan menyimpulkan bahwa grafit memiliki sifat kimiawi yang jauh berbeda dengan timbal. Grafit adalah komposisi molekul karbon murni yang lunak. Akhirnya pada tahun 1789, ahli Geologi Jerman, Abraham G. Werner memberikan nama grafit, yang berasal dari perkataan Yunani graphein, yang berarti menulis. Jadi, isi pensil bukan timah.
Perkembangan Pensil
Selama bertahun-tahun, grafit Inggris memonopoli industri pembuatan pensil karena cukup murni untuk digunakan tanpa perlu diproses lagi. Karena grafit Eropa kurang bermutu, pabrik-pabrik pensil di sana bereksperimen dengan berbagai cara untuk memperbaiki isi pensil. Insinyur Prancis Nicolas-Jacques Conté mencampur bubuk grafit dengan tanah liat, membentuk campuran itu menjadi batang-batang, dan membakarnya dalam perapian. Dengan mengubah-ubah perbandingan grafit terhadap tanah liat, ia bisa membuat isi pensil yang menghasilkan berbagai gradasi warna hitam, proses yang digunakan sampai sekarang.
Pada abad ke-19, pembuatan pembuatan pensil menjadi bisnis besar. Grafit ditemukan di beberapa tempat, termasuk Siberia, Jerman, dan yang sekarang disebut Republik Ceko. Di Jerman dan kemudian di Amerika Serikat, sejumlah pabrik dibuka. Mekanisasi dan produksi massal menekan harga, dan pada awal abad ke-20, bahkan anak-anak sekolah menggunakan pensil.
Awalnya pensil grafit diberi balutan kertas yang dirobek sesuai keinginan pemakainya. Namun kemudian ditemukan cara lebih praktis dan efisien dengan menyelimuti seluruh batang grafit dengan dua bilah kayu yang ditoreh untuk menyediakan tempat bagi batang grafit dan kemudian disatukan. Rautan pensil sebagai pelengkap alat tulis. Peraut mekanis mempermudah pengguna saat meraut pensil.
Grafit murni mungkin lebih disukai seniman karena karakteristiknya yang lebih lugas. Namun untuk penggunaan sehari-hari, diperlukan grafit yang berkualitas lebih rendah agar lebih fleksibel. Pada tahun 1795, ahli kimia Perancis, Nicolas Jacques Conté, menemukan cara mencampur grafit dengan tanah liat agar dihasilkan pensil yang lebih baik dan praktis. Salah satu produk turunannya adalah pensil Konte.
Rautan pensil sebagai pelengkap alat tulis
Pada 30 Maret 1858 Hymen Lipman dari Philadelphia, Pennsylvania, Amerika Serikat mematenkan pensil dengan ujung penghapus. Namun kemudian paten ini dibatalkan dengan alasan sebanenarnya tidak ada penemuan hal baru dari pensil tersebut. Peraut mekanik ditemukan pada tahun 1880 dan dengan cepat menjadi sangat populer.
Peraut mekanis mempermudah pengguna saat meraut pensil
Pemrosesan Modern
Pensil di era modern dibuat dengan menghancurkan grafit murni dan tanah liat menjadi bentuk bubuk. Campuran ini kemudian diberi air, dianginkan, dan kemudian dibakar selama tiga hari. Kemudian isi pensil yang telah dicetak menjadi bentuk yang panjang dan tipis dilapisi dengan kayu halus. Awalnya pensil lebih banyak dibuat dalam bentuk persegi karena keterbatasan mesin produksi.
Teknik pemberian selimut pensil
Namun di era modern, lebih banyak ditemui bentuk bulat yang lebih nyaman digenggam. Meskipun demikian, tetap banyak yang menggemari bentuk pensil bersudut karena memberi pegangan yang lebih kuat dan mudah dikontrol saat menulis.
Karakteristik
Berbeda dengan pena, pensil cenderung memberikan kesan abu-abu dan warna yang lemah dan pecah dibandingan dengan pena yang memberikan warna yang padat dan tajam. Pensil juga lebih mudah dihapus dibandingkan pena. Beberapa pensil disertai dengan penghapus untuk alasan kepraktisan. Pensil seperti ini sangat disukai pelajar. Namun kebanyakan seniman profesional yang mengutamakan mutu akan lebih menyukai pensil tanpa penghapus, mengingat penghapus ini diragukan mutunya dan frekuensi menghapus yang lebih besar akan membuat penghapus yang terlalu kecil akan cepat terbuang sia-sia.
Identitas
Pensil dibedakan menurut komposisi . Huruf B menginformasikan ketebalan (boldness), yang berarti kandungan grafitnya lebih banyak. Sementara huruf H menginformasikan kekerasan komposisi leadnya, yang berarti kandungan tanah liatnya lebih banyak. Pensil dengan tandaF berarti komposisinya sangat tepat untuk diraut hingga keruncingan maksimal. Sementara angka di depan huruf memperlihatkan tingkat ketebalan atau kekerasan komposisi suatu pensil. Misalnya 2H akan lebih keras daripada H, atau 2B akan lebih lembut dan tebal dibandingkan B. HB berarti pensil memiliki kedua sifat keras dan tebal.
Warna pensil memperlihatkan area produksinya. Pabrik-pabrik di Amerika Utara memberi warna kuning, Jerman dan Brasil memberi warna hijau. India dan beberapa wilayah Asia memberi warna hitam dan merah. Swiss memberi warna merah. Sedangkan Inggris memberi warna kuning dan hitam. Kebanyakan standardisasi warna ini diciptakan produsen Faber-Castell. Namun banyak pula produsen yang tidak mengikuti standar ini.
Pensil Modern
Pensil sekarang adalah alat tuilis dan gambar yang canggih sekaligus serbaguna, yang setiap tahun diproduksi di seluruh dunia hingga milliaran batang. Pensil biasa dapat membuat garis sepanjang 60 kilometer dan menulis 45.000 kata.
Pensil berwarna
Isi pensil mekanis, yang tangkainya dari logam atau plastik, tidak perlu diraut. Sebagai ganti grafit, pensil berwarna berisi bahan pewarna dan pigmen dalam puluhan warna.
Pensil mekanis ditemukan di Britania Raya pada 1822 oleh Sampson Mordan [1] dan Gabriel Riddle. Pensil mekanis menjadi tenar di Jepang dengan beberapa pengembangan di tahun 1915 oleh Tokuji Hayakawa, seorang pekerja besi yang selesai magangnya. Pensil mekanis ciptaannya dikenalkan sebagai Ever-Ready Sharp Pencil.
Isu Kesehatan
Banyak sekali pengguna pensil yang tertipu dengan istilah lead pencil dan mengira bahwa jenis pensil ini mengandung bahan kimia beracun. Sebenarnya pensil timbal hanya mengandung grafit dan tanah liat, bahan alami persenyawaan karbon yang sama sekali tidak berbahaya bagi tubuh.
Namun dilaporkan beberapa kasus bekas tusukan pensil timbal terhadap kulit menyebabkan bekas kehitaman yang menetap bertahun-tahun.
PENGHAPUS
Penghapus (juga disebut setip) merupakan salah satu perlengkapan alat tulis yang merupakan karet lembut yang mampu menghilangkan tanda yang dihasilkan dengan pensil.
Sebuah penghapus.
Penghapus kenyal seperti karet, dan seringkali bewarna putih atau hitam (walaupun ditemukan juga coklat atau merah jambu untuk memperindah penampilan sesuai pemanfaatan teknologi). Terdapat pensil yang dilengkapi dengan penghapus di ujungnya. Penghapus mahal mungkin mempunyai bahan vinyl atau plastik sebagai tambahan kepada karet.
Penghapus juga merujuk kepada penghapus pada papan tulis seperti papan hitam atau papan putih. Penghapus papan hitam tradisional merupakan blok kayu berbentuk persegi panjang yang dibuat dari kain berbahan wol.
Sejarah
Pada tahun 1770, pakar sains Joseph Priestley menyatakan, “Saya telah melihat bahan yang amat sesuai untuk digunakan bagi menghilangkan tanda arang pensil pada kertas.” Di seluruh Eropa pada saat itu, tulisan pensil dihapus dari kertas dengan menggunakan kubus-kubus kecil yang terbuat dari karet. Kubus-kubus kecil ini masih digunakan untuk tujuan ini di Inggris dan Australia.
Juga pada tahun 1770, Edward Naime, insinyur Inggris, disebut sebagai pencipta penghapus karet pertama. Sebelum penggunaan karet, serbuk roti digunakan sebagai penghapus. Naime berkata bahwa dia salah mengambil kepingan karet dan bukannya serbuk roti, dan menemukan ciri-ciri menghapus dari karet, dan mulai menjual penghapus karet.
Bagaimanapun juga, karet dalam bentuk mentah sulit disimpan, kerana ia mudah dan akan rusak. Pada tahun 1839, Charles Goodyear, seorang penemu, menemukan proses vulkanisasi, kaedah yang merawat karet dan menjadikannya bahan yang tahan lama. Penghapus menjadi benda yang umum dengan perkembangan karet yang divulkanisasi.
Pada tahun 1858, Hyman Lipman dari Philadelphia, Pennsylvania, AS, menerima paten pertama untuk pelekatan penghapus pada ujung pensil. Paten itu kemudian dibatalkan karena ditetapkan bahwa hal tersebut hanya merupakan gabungan dua peralatan dan bukannya produk baru sepenuhnya.
Jenis
Jenis yang sering terdapat pada penghapus biasanya bewarna merah muda atau merah dengan karakteristik mudah lengket. Jenis ini cukup baik untuk menghapus kebanyakan tulisan pensil, walaupun ia cenderung mengotori dan merusak kertas jika terlalu sering digunakan. Selain itu banyak sisa karet yang harus dibersihkan. Sisa ini sering mengotori kertas jika dibiarkan menempel.
Jenis yang populer di kalangan seniman adalah penghapus art gum, yang dibuat dari karet bertekstur kasar yang lembut. Jenis ini cocok untuk menghapus kawasan yang luas dalam satu sapuan tanpa merusak kertas. Tetapi penghapus ini meninggalkan banyak sisa penghapus dan tidak begitu akurat. Pemakaian terlalu banyak hanya menghasilkan warna kekuningan di kertas. Penghapus art gum biasanya berwarna gelap atau kecokelat-cokelatan.
Penghapus uli, lebih dikenal dalam Bahasa Inggris sebagai kneaded eraser, juga digemari di kalangan seniman. Penghapus jenis ini dibuat dari bahan kelabu dan menyerupai adonan atau lem. Kelebihannya adalah tidak meninggalkan sisa penghapus sehingga tahan lebih lama dibanding penghapus lain. Partikel grafit dan tanah liat ditarik oleh adonan karet sehingga lebih akurat dan tidak meninggalkan bekas apapun. Penghapus ini banyak digunakan untuk memberi efek kilap atau percikan air. Kelemahannya adalah sedikit rasa lengket di tangan dan mudah meleleh di suhu tinggi.
Penghapus uli yang mudah dibentuk, akurat, dan tidak meninggalkan kotoran
Penghapus vinyl lembut mempunyai tekstur seperti plastik dan ciri-ciri menghapus yang mirip dengan penghapus karet biasa. Hanya saja sedikit lebih lembut dan kuat, dan dengan itu tidak mudah merusak kertas dan nyaman digunakan. Penghapus vinyl biasanya putih dan mudah terlihat kotor jika disentuh.
Penghapus Vinyl
Kegunaan lain
Sketsa dengan mengutamakan teknik menghapus goresan pensil.
Walaupun manfaat yang utama dari penghapus adalah menghilangkan bekas goresan, namun oleh seniman profesional, penghapus juga dimanfaatkan dengan teknik tertentu. Misalnya memberi kesan kilau dengan menggunakan mal penghapus atau efek smudge jika digores lembut.
Sketsa dengan mengutamakan teknik menghapus goresan pensil.
Penghapus uli bisa dimanfaatkan untuk memberi efek seperti butiran air dengan membentuknya menjadi butiran dan menempelkan langsung ke bagian yang sudah diwarnai

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Paramaya Themes | Bloggerized by himynameistrie - Premium Blogger Themes | Blogger Templates