Semua artikel yang di tampilkan di Blog paramaya ini didapat dari berbagai Sumber Publik dari Blog atau Website yang berbeda dari masing-masing pemilik, kami hanya mendistribusikan untuk ikut menambah Ilmu atau Wawasan kepada khalayak ramai, Jika ada yang keberatan dengan artikel yang telah ditampilkan, segera beritahu via Email yang telah disiapkan, artikel yang berkaitan dengan hal tersebut akan secepatnya kami hapus dari Blog ini

Kamis, 01 Desember 2011

Fakta Dibalik Logo Mobil Mobil Top Dunia





lintasberita


Bentuk dan model mobil selalu berubah-ubah, tapi ada satu hal yang nyaris abadi, logo.
Banyak orang menasbihkan diri sebagai pecinta mobil tertentu, namun hanya sedikit orang yang benar-benar peduli maksud dan sejarah dari logo mobil kesayangan.

Logo tak hanya sekedar simbol identitas visual suatu produk otomotif. Tapi, logo punya fungsi penting -- memperkenalkan produk ke pasar dunia. Ada tiga tipe logo mobil yang kini dikenal, berbentu simbol, teks, maupun kombinasi antarkeduanya. Yang jelas, ada maksud tertentu atau kisah di balik sebuah logo yang bisa membuat penasaran. Ini cerita dan fakta menarik di balik logo mobil-mobil top dunia.

Mercedes Benz
Logo bintang segitiga Mercedes punya arti khusus -- dominasi perusahaan yang meliputi darat, laut, dan udara. Sedangkan nama Mercedes berasal dari seorang pengusaha Austria dan pecinta otomotif, Emil Jellinek. Dia memiliki seorang anak bernama Mercedes. Jellinek tak hanya menjual mobil Daimler-Motored-Gesellschaft (DMG) namun berpartisipasi dalam balap motor pertama di Jerman. Saat itu dia mengendarai kendaraan yang dibuat DMG di balik nama samarannya, Mercedes.

Saat itu, Mercedes merujuk ke nama tim dan pengemudi. Namun, saat ini Mercedes adalah hasil merger dua perusahaan mobil, Daimler-Motored-Gesellschaft atau DMG, yang didirikan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach, serta Benz & Cie, yang didirikan oleh Karl Benz. Logo saat ini, bintang dalam lingkaran, diperkenalkan untuk pertama kalinya di 1937.

Audi
Insinyur Jerman, August Hoch mendirikan perusahaan A. Horc & Cie pada 1899. Satu dekade kemudian, dia terpaksa hengkang dari perusahaan yang didirikannya. Tak patah arang, bersama patner bisnisnya, Franz Fikentscher, dia mendirikan perusahaan baru.

Ketika mendiskusikan nama perusahaan barunya, putra Fikentscer yang sedang belajar Bahasa Latin di sudut ruangan menanyakan arti 'audiatur et altera pars' [bukankah ide bagus untuk menyebutnya Audi bukannya Horch?]

Kata 'Horc' adalah singkatan dari kata 'mendengar' dalam Bahasa Jerman. Sementara Audi adalah kata latin yang juga berarti 'mendengar'. Kemudian, pada 1932, empat perusahaan yakni, Audi, Hoch, DKW, dan Wanderer merger menjadi satu perusahaan, Auto Union.

Kemudian dipilihlah logo berupa empat cincin yang bertautan, simbol penyatuan empat perusahaan yang jadi kebanggaan sekaligus rahmat bagi mereka hingga saat ini.

BMW
Logo lain yang menarik perhatian adalah BMW. Berwujud lingkaran terbagi empat dengan dua warna, putih dan biru langit berselang-seling. Itu melambangkan baling-baling pesawat yang berputar di langit biru. Simbol itu relevan dengan sejarah BMW sebagai pemasok utama mesin pesawat terbang, misalnya 'Red Baron' untuk pemerintah Jerman selama Perang Dunia I.

Pada 1918, ketika perang dunia berakhir, pemerintah Jerman menghentikan permintaan mesin pesawat pada BMW. Kondisi tak punya pilihan saat itu, justru membuat BMW berkreasi. Arah bisnis berubah. Perusahaan tersebut mulai dengan membuat rem kereta api, lalu sepeda bermotor, sepeda motor, dan lalu mobil -- yang mendunia.

Chevrolet
Ada dua kisah mengenai logo Chevrolet, 'bowtie'. Yang pertama, pendiri perusahaan, William C Durant terinspirasi kertas pelapis dinding di sebuah hotel di Perancis. Dia merobeknya untuk dijadikan logo.

Versi cerita berbeda datang dari istrinya. Dikatakan, inspirasi emblem bowtie datang dari sebuah surat kabar Virginia -- ketika mereka berlibur di daerah Hot Springs, Virginia, sekitar tahun 1912.

Ferrari
Simbol 'Cavallino Rampante' alias kuda jingkrak Ferrari ternyata punya cerita menarik. Simbol itu aslinya adalah emblem para penerbang Italia dalam Perang Dunia Kedua. Simbol itu dipakai juga Franceco Baracca -- penerbang Italia yang gugur dalam perang.

Ketika Enzo Ferrari memulai perusahaan mobil miliknya, dia menggunakan logo tersebut di mobil balap Alfa Romeo, atas dorongan orang tua Baracca. Kemudian, 'kuda jingkrak' tak hanya dipasang di mobil Ferrari. Popularitasnya melebihi yang diperkirakan. Kini, logo Ferrari bisa ditemukan di sepeda, kaos, dan apapun yang bisa dibayangkan.

Ford
Logo mobil asal Amerika Serikat ini sederhana, dengan huruf 'Ford' yang ditonjolkan. Logo ini telah digunakan lebih dari 50 tahun.

Bentuk huruf ini diperkenalkan Harold Wills -- rekan dekat Henry Ford.
Ketika remaja, Wills mencari uang dengan membuat kartu nama. Ketika rekannya, Henry Ford mencari logo untuk perusahaannya, Wills menyodorkan set cetakan tuanya dan model huruf yang digunakan di masa remajanya untuk mencetak kartu nama.

Pada 1912, lingkaran oval ditambahkan dalam logo Ford. Pada 1927, logo juga mengalami perkembangan, warnanya menjadi biru. Logo terakhir -- oval biru ini dirilis 2003 untuk menghormati 100 tahun Ford Motor Company.

Lamborghini
Beberapa logo mobil mencerminkan selera sang pemilik. Salah satunya logo 'banteng mengamuk' di Lamborghini.

Pendiri perusahaan, Ferrucio Lamborghini adalah penggila matador, sampai-sampai memilihnya sebagai logo perusahaan mobilnya. Banyak mobil Lamborghini yang diberi nama banteng yang telah mendapatkan penghargaan dalam event-event dunia.

Renault
Perusahaan Renault didirikan oleh Louis Renault ketika baru berusia 21 tahun. Logo pertama perusahaan adalah tiga huruf depan Renault bersaudara, Louis, Ferdinand, dan Marcel.

Perusahaan ini juga punya logo khusus untuk tank militer -- setelah tank ringan produksi perusahaan Renault, FT-17 digemari selama Perang Dunia I. Logo bentuk berlian diperkenalkan pada tahun 1925 dan didesain ulang pada tahun 1972 oleh desainer terkenal Victor Vasarely. Logo yang berlaku saat ini, berlian dikelilingi persegi kuning adalah simbol kualitas.

Volkswagen
Sederhana tapi mengena, itu yang menggambarkan logo mobil Volkswagen. Logo VW adalah adalah satu logo mobil yang paling sederhana dan cepat dikenal di dunia.Logo berbentuk V di atas huruf W dengan latar belakang lingkaran warna biru.Volkswagen dalam Bahasa Jerman berarti 'mobil rakyat'.

Logo ini diperoleh dari hasil kompetisi yang dimenangkan Franz Reimspiess. Volkswagen punya latar belakang sejarah menarik -- dimulai pada 1930-an, era Nazi Jerman. Adalah ide Hitler untuk memulai produksi mobil dengan harga terjangkau untuk masyarakat. Hitler dan Gercinand Porsche mengeluarkan ide mobil kumbang Volkswagen yang bisa membawa dua orang dewasa dan tiga anak kecil. Namun, pabrik pembuat mobil kumbang lebih banyak memproduksi kendaraan militer ketimbang mobil untuk rakyat -- membuka kedok di balik maksud Hitler sebenarnya.

Volvo
Volvo berarti 'saya berputar' dalam bahasa latin. Kata Volvo berasal dari kata latin 'volvere' yang berarti berputar. Logo Volvo adalah simbol kuno untuk besi -- yakni lingkaran dengan anak panah menunjuk ke atas secara diagonal ke kanan. Simbol ini juga merepresentasikan 'Mars' dewa perang. Mobil Volvo juga secara tradisional dikenal untuk fitur keselamatan.

Simbol kuno besi digunakan untuk juga mencerminkan tradisi kuat industri besi Swedia. Logo Volvo terpasang di atas latar belakang biru. Pasca kekalahan Jerman dalam perang, Inggris mengambil alih pabrik Volkswagen dan mencoba menjualnya.

Awalnya, orang-orang menolak desain kumbang VW, yang dianggap inferior. Namun, VW berhasil membuktikan dirinya, Volkswagen Beetle menjadi salah satu mobil terlaris di dunia.

Hyundai
Perusahaan mobil Korea Selatan ini memiliki slogan 'Drive your way' ini memiliki logo huruf 'H' dikelilingi bentuk oval -- menggambarkan keinginan kuat perusahaan untuk mendunia.
Huruf H yang miring dan bergaya, juga menggambarkan simbol dua orang -- representasi perusahaan dan pelanggan -- sedang berjabat tangan.

Toyota
Dari kejauhan, logo Toyota mirip huruf 'T' yang berarti 'Toyota'. Namun, jika diamati lebih dekat, logo mobil Jepang itu terdiri dari tiga bentuk oval. Dua oval yang saling bertautan menyerupai huruf 'T' merepresentasikan hubungan saling menguntungkan dan saling mempercayai antara pelanggan dan Toyota.

Latar belakang oval yang lebih besar menggambarkan perkembangan kemajuan teknologi dan kesempatan tak terbatas bagi perusahaan untuk terus maju.





Rabu, 30 November 2011

Akhirnya! Seorang Ibu Temukan Anaknya Setelah Berpisah 30 Tahun





lintasberita


Paulette Moray (Daily Mail)
London - Sungguh mengharukan. Seorang ibu di London, Inggris akhirnya berhasil menemukan kedua buah hatinya setelah berpisah selama 30 tahun. Sejak bercerai dengan suaminya pada 1981 silam, kedua anak Paulette Moray dibawa lari oleh ayah mereka.

Saat itu, Paullete dan Max Moray yang telah bercerai, tengah memperebutkan hak asuh anak mereka di pengadilan. Tapi pada 31 Juli 1981, dua anak mereka yang bernama Sasha dan Naomi, dibawa kabur oleh ayah mereka, Max dari rumah mereka di Ilford, London Timur. Saat itu, kedua bocah itu baru berumur 4 tahun dan 2 tahun.

Demikian seperti diberitakan Daily Mail, Rabu (30/11/2011).

Peristiwa tersebut pun sempat dimuat oleh surat kabar London Evening Standard terbitan tahun 1981. Paulette berusaha sekuat tenaga menelusuri keberadaan dua buah hatinya tersebut. Hingga 2 tahun kemudian, Max menghubungi surat kabar tersebut dan mengatakan bahwa dua anak tersebut tinggal bersamanya di luar negeri.

Kisah memilukan Paullet ini pun ditulis dalam sebuah buku berjudul 'The Hunt' yang diterbitkan November ini. Buku tersebut ditulis oleh seorang jurnalis, Ian Wishart dan suami Paulette yang sekarang, George London.

Dituliskan bahwa Paulette tidak hanya menghabiskan waktu selama 30 tahun, tapi juga menghabiskan uang sebesar 100 ribu Poundsterling atau setara dengan Rp 1,4 triliun untuk melacak keberadaan anak-anaknya. Paulette menyewa sejumlah detektif khusus untuk menelusuri keberadaan buah hatinya di seluruh dunia. Tapi usahanya itu tak membuahkan hasil.

Hingga akhirnya, suami Paullete yang sekarang, George London menemukan keberadaan Max Moray di Israel. Suami Paullete yang mantan kontraktor ini mencoba melacak alamat email Max. Dengan berpura-pura menjadi teman lama keluarga, London mengatakan Paullet telah meninggal dan meminta alamat kontak kedua anaknya yang sekarang sudah dewasa.

Sasha yang kini berusia 34 tahun diketahui tinggal di Spanyol, sedangkan Naomi yang sudah berusia 32 tahun diketahui sudah memiliki anak perempuan dan tinggal di Israel. Max sendiri telah memiliki istri baru bernama Sarah.

Mendapatkan alamat kontak anak-anak Paulette, London pun mengirimkan salinan buku 'The Hunt' kepada Sasha. Selang 3 hari tidak ada tanggapan apapun dari Sasha. Tapi beberapa hari yang lalu, Sasha mengirimkan email yang berjudul 'Dear Mum'. Dalam emailnya, Sasha mengaku dirinya dan Naomi tidak tahu jika ibunda mereka terus mencari-cari keberadaan mereka selama ini.

Dalam emailnya tersebut, Sasha juga mengatakan jika dirinya dan adiknya terus berkomunikasi membahas buku tersebut. "Kami berdua senang, bingung, kagum, sedih, tertarik dan tercengang oleh semua ini, tetapi seperti yang ibu katakan masa depan menjadi milik kita - kita berniat untuk membuatnya begitu. Love, anak-anakmu Sasha dan Naomi," tulisnya.

Membaca email dari putranya tersebut, Paulette pun terharu. "Saya mendapat email dari mereka yang merupakan kontak pertama kami dalam 30 tahun ini dan itu adalah hal yang paling emosional yang pernah terjadi pada saya. Saya benar-benar terhanyut, sangat bahagia," ujarnya.

"Saya tidak bisa menunggu hingga pertemuan pertama kami. Pasti akan menjadi kejutan bagi mereka jika tahu bahwa ibu mereka telah mencari mereka selama 30 tahun. Saya memikirkan mereka setiap hari. Anda tidak tahu di mana mereka selama ini dan Anda bertanya-tanya apakah mereka masih hidup," ucap Paulette.

source

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Paramaya Themes | Bloggerized by himynameistrie - Premium Blogger Themes | Blogger Templates