Semua artikel yang di tampilkan di Blog paramaya ini didapat dari berbagai Sumber Publik dari Blog atau Website yang berbeda dari masing-masing pemilik, kami hanya mendistribusikan untuk ikut menambah Ilmu atau Wawasan kepada khalayak ramai, Jika ada yang keberatan dengan artikel yang telah ditampilkan, segera beritahu via Email yang telah disiapkan, artikel yang berkaitan dengan hal tersebut akan secepatnya kami hapus dari Blog ini

Minggu, 05 Juni 2011

Wisata Kabupaten Malang





lintasberita

Kabupaten Malang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya saat ini berada di Kota Malang. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2008, Kota Kepanjen ditetapkan sebagai ibu kota Kabupaten Malang yang baru. Kota Kepanjen saat ini sedang berbenah diri agar nantinya layak sebagai ibu kota kabupaten.

Kabupaten ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Jombang, Kabupaten Mojokerto, Kota Batu, dan Kabupaten Pasuruan di utara, Kabupaten Lumajang di timur, Samudra Hindia di selatan, serta Kabupaten Blitar dan Kabupaten Kediri di barat. Sebagian besar wilayahnya merupakan pegunungan yang berhawa sejuk, Malang dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata utama di Jawa Timur.

Beberapa Objek Wisata yang ada di Kabupaten Malang:


 memiliki tiga pulau dengan jarak sekitar seratus meter masing-masing, dua di antaranya telah terhubung dengan satu meter lebar jembatan ke pantai, Balekambang menawarkan suasana yang berbeda dari resort pantai di bagian Selatan Malang. Salah satu dari tiga pulau yang disebut pulau Ismoyo memiliki candi Hindu, yang didirikan oleh Hinduists lokal.

Setiap tahun, ritual dan upacara adat Jalanidhipuja (upacara Hindu) dan Suran (Upacara Tahun Baru Jawa) diadakan di sini setiap tahun. Tempat parkir, warung, penginapan, toko suvenir, dan fasilitas lain pariwisata telah disediakan untuk para pengunjung. Ini pantai yang indah terletak di desa Srigonco, kecamatan Bantur,Malang,Jawa Timur, sekitar 57 km di selatan dari Malang dan mudah dicapai dengan transportasi umum.

Kunjungi Wisata Pantai Balekambang dan nikmatilah gelombang yang besar dan sangat menyenangkan dengan angin laut sepoe2 Melihat matahari terbenam dan matahari terbit di pantai ini dan melakukan beberapa kegiatan pantai, seperti; berenang, mandi matahari, memancing.


Air terjun Coban Pelangi merupakan sebuah air terjun yang indah, yang terletak sekitar 32 km ke Timur Malang. Memiliki air alami, dingin, dan bersih yang memberikan kesan damai. air terjun ini dapat dicapai dalam perjalanan ke Gunung Bromo melalui kota Malang. Air terjun coban pelangi dapat ditempuh dari kota Malang jawa timur sekitar 2 jam perjalanan ke desa Tumpang dengan naik mikrolet.

Sampai di Tumpang perjalanan bisa dilanjutkan dengan menumpang truk sayur yang menuju desa Ngadas atau ke Ranupane. Bisa juga anda menyewa toyota hardtop yang banyak mankal di terminal Tumpang. Perjalan sekitar 40 menit melewati perbukitan serta perkebunan apel dan ketika memasuki hutan ,

Anda akan disajikan pemandangan indah jurang dikanan maupun kiri anda ,
 Sampai di gerbang utama Air terjun coban pelangi,kita bisa langsung berjalan menyusuri jalan setapak menuju air terjun sekitar 3 KM. Perjalanan lumanyan mengasikan karena naik turun ,sampai di sebuah pos peristrirahatan disebuah bukit pemandangan sangat indah

Cari resort pegunungan yang indah, panorama yang indah, melihat buah apel yang mengesankan dan 5 sayuran. Situs Air jatuh di desa bernama Gubuk Klakah, satu milik Poncokusumo.Para pengunjung akan menikmati udara segar, pemandangan alam, dan tentu saja air terjun indah.



Air terjun Coban Rondo adalah air terjun yang cantik di lereng Gunung Panderman yang sekitar 32 km ke arah barat dari Malang, sangat menarik untuk dilihat dan dikunjungi.

Ketinggian air terjun ini sekitar 60 meter. Pengunjung dapat menemukan dan menikmati panorama yang indah bijih kesan damai di sekitar air terjun.

Fasilitas: ground camp, jogging track, memancing atau bermain dengan gajah dari Gajah 'Sekolah Waykambas Lampung - Sumatra.
air terjun ini terletak di desa Pandesari, Pujon (sekitar 32 km ke Barat dari Malang).
Kunjungi air terjun Coban Rondo pariwisata dan menikmati pemandangan alam dengan udara segar.


Candi Jago dibangun pada 1275 - 1300 AD. Hal ini diyakini sebagai tempat pemakaman abu Raja Wisnuwardhana, raja keempat dari kerajaan Singosari. Hal ini sangat menarik bahwa candi memiliki kesamaan ornamen kepada mereka Candi Penataran di Kabupaten Blitar. Itu terletak di Desa Jago, Kecamatan Tumpang, bagian timur Malang (sekitar 22 km).

Kunjungi candi bersejarah di Malang pariwisata. Cari relief cantik dan bentuk candi yang unik di Candi Jago.


Bendungan Karang kates ini tidak banyak berbeda dari taman rekreasi lainnya di Kabupaten MalangDi tempat ini, namun pengunjung juga bisa mendapatkan kesan damai dengan memancing, berperahu, skying atau sekedar menikmati panorama indah di sekitar danau.

Fasilitas: golf dan lapangan tenis, camping ground, dan banyak lainnya. aksesibilitas yang dapat dicapai, terletak di desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung, sekitar 40 km ke bagian Selatan-Barat dari Malang .

Kunjungi Bendungan Karangkates taman rekreasi di bidang pariwisata dan menikmati pemandangan Malang sifatnya. Anda juga memungkinkan untuk kegiatan perkemahan di sini. Dibangun cenderung dan menghabiskan liburan Anda di obyek wisata yang indah di Kabupaten Malang.





Candi Kidal terletak di desa Rejo Kidal, Tumpang kabupaten Malang, sekitar 24 km ke Timur dari kota MalangReal Tinggi candi 17 meter, tapi sekarang itu hanya 12,4 meter. Candi Kidal adalah salah satu kuil bersejarah Malang yang menyimpan nilai sejarah.
Dasar candi berbentuk segi empat. Pintu merupakan salah satu di sisi barat. Di atas pintu kuil, ada "Kepala Kala" (Head of Giants) dan singa. Candi yang dihiasi dengan ornamen, yang menggambarkan cerita Mahabharata tidak secara berurutan.


Gunung Kawi 
Sebagai sebuah desa wisata ziarah, Wonosari - Gunung Kawi. telah banyak yang indah, istimewa dan mengesankan panorama pegunungan, yang tercatat sebagai salah satu desa yang paling menarik di bagian Selatan-Barat Kabupaten Malang.

Kebanyakan orang tahu bahwa desa ini memiliki situs khusus di mana makam kakek Iman Soedjono, salah satu dari tujuh puluh bangsawan yang mengambil versus senjata pendudukan Belanda yang dipimpin oleh Pangeran Diponegoro pada 1825-1830. Di samping makam kakek Iman Soedjono berbohong makam kakek Djoego atau Kiai Zakaria II,

seorang tokoh lokal yang pertama kali memelopori teknologi baru dalam pertanian saat itu. 
Biasanya pengunjung yang datang untuk mengunjungi tempat ziarah ini percaya bahwa akan membawa keberuntungan untuk karya mereka, kehidupan masa depan, seperti: perdagangan, membuat pertanian kesehatan, dll

waktu disarankan untuk mengunjungi sepulchers kudus adalah lazim pada hari Kamis malam atau 
"Jum'at Legi" Kalender (Jawa). Makam itu sendiri sudah lama dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk kedua ziarah dan wisatawan. aksesibilitas adalah terjangkau.




merupakan pantai berbatu yang indah yang berada di bagian selatan Kawasan Kabupaten Malang, dimana gelombang ombak bertemu terumbu karang yang berada di pantai ngliyep. Selain itu,pantai ngliyep memiliki sebuah pulau dengan hutan tropis hijau.pantai Ngliyep memberikan pesona lebih untuk wisata pantai. Pantai ngliyep ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti: warung, toko souvenir, penginapan, dll

Setiap tahun upacara tradisional Labuhan Mulud (upacara kurban) yang diadakan di Pantai Ngliyep. Labuhan Mulud adalah upacara tradisional yang selalu diadakan di pantai ngliyep yang berada di Kabupaten Malang.

Pantai Ngliyep terletak di desa Kedungsalam, kecamatan Donomulyo, sekitar 62 km jalan ke selatan dari Malang. Kunjungi Ngliyep pantai dan menikmati ombak yang indah. Para pengunjung dapat berenang, berjemur dibawah panas matahari, atau memancing di sini.


Pantai Sendang Biru 
adalah salah satu resor pantai di bagian selatan Kabupaten Malang,Jawa Timur. yang bebas dari tumulous gelombang Samudera Hindia akibat keberadaan Pulau Sempu , sekitar 300 meter lepas pantai.

Di sisi lain dari pantai sekarang memanfaatkan 'sebagai Pelabuhan Perikanan dan debarkasi Pusat Ikan PPI di mana nelayan hasil tangkapan mereka turun di mana keduanya berada di bawah kewenangan Dinas Perikanan dan Dikelola oleh KUD (Koperasi Unit Desa), "Mina JayaPondok Dadap ".

Secara resmi, pantai Sendang Biru ini dikelola oleh Perusahaan Negara milik Forestay yang sejauh ini telah disediakan pantai dengan penginapan, rumah tamu, warung, penjaga rumah, perahu, dll

Untuk mencapai Sendang Biru, pengunjung dapat mengambil transportasi publik yang bisa diakses bernama "Mikrolet" untuk Gadang - Turen - Sendang Biru. Sendang Biru sekitar 70 km ke selatan dari Malang di desa Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan kabupaten Malang.
Kunjungi pantai indah Sendang Biru dan menikmati ombak yang menarik dengan pasir putih yang menyebar di sepanjang pantai.
Wisata Indonesia Surga Dunia




Candi Singosari, juga dikenal sebagai Candi Kendedes, didirikan untuk menghormati Raja Kertanegara, raja terakhir dari dinasti Singosari yang meninggal pada tahun 1292 AD. Ini didirikan pada 1300 masehi di saat yang sama ketika ritual Sradha terjadi. Di sekitar candi terdapat dua patung raksasa yang disebut Dwarapala, yang diyakini penjaga pintu masuk ke istana.

Candi ini telah disimpan cerita sejarah yang selalu diingat oleh publik Malang. Namun, Candi Singosari merupakan simbol eksistensi Kabupaten Malang dari tahun lalu.

Candi Singosari adalah candi Hindu - Buddha peninggalan bersejarah Kerajaan Singhasari yang berlokasi di Desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Sebagai candi Jawa Timur lainnya, Candi Singosari terbentuk dari batu bata merah dan diatur dalam membangun kerucut, disebut candi. Candi ini juga memiliki relief cantik yang menggambarkan besar Kerajaan Singosari tahun lalu.


Berdasarkan penyebutannya pada Kitab Negarakertagama pupuh 37:7 dan 38:3 serta Prasasti Gajah Mada bertanggal 1351 M di halaman komplek candi, candi ini merupakan tempat "pendharmaan" bagi raja Singasari terakhir, Sang Kertanegara, yang mangkat pada tahun 1292 akibat istana diserang tentara Gelang-gelang yang dipimpin oleh Jayakatwang. Kuat dugaan, candi ini tidak pernah selesai dibangun.


Candi Sumberawan 
yang terletak di kaki Gunung Arjuna di sebelah utara timur Malang, merupakan salah satu patung Buddha di Jawa Timur. Kencan dari sekitar akhir abad ke-14 atau awal abad ke-15, situs ini telah diidentifikasi dengan Kasurangganan, atau 'taman surga nimfa', yang disebutkan dalam Nagarakertagama sebagai telah dikunjungi oleh Raja Hayam Wuruk dari Majapahit di 1359 .

Candi Sumberawan terletak sekitar 1 kilometer dari gerbang Candi Singhasari, yang dalam gaya Hindu. Untuk mencapai candi Sumberawan, pengunjung harus berjalan di jalan antara sawah dan sungai melalui 500 meter dari jalan Raya desa Sumberawan. Ini dikelilingi oleh panorama alam dan memiliki sumber air alami. Dikatakan bahwa air kolam Sumberawan memiliki energi besar untuk kesehatan. Beberapa pengunjung selalu mandi di kolam ini. Mereka tidak ingin melewatinya.

Candi Buddha ini dalam gaya dan membentuk patung tanpa aksesoris. Candi tubuh adalah persegi panjang dan terdiri dari dua bagian. Candi adalah salah satu candi yang indah di Jawa Timur, karena lokasinya. Setiap 'Waisak' (Buddha Holiday), Candi Sumberawan dikunjungi oleh banyak Budha untuk merayakan kehidupan Sang Buddha. Mereka biasanya datang di malam hari dan meditasi memiliki.



Gunung Semeru 
atau Sumeru adalah gunung berapi tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl). Kawah di puncak Gunung Semeru dikenal dengan nama Jonggring Saloko.

Semeru mempunyai kawasan hutan Dipterokarp Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung.

Posisi gunung ini terletak di antara wilayah administrasi Kabupaten Malang dan Lumajang, dengan posisi geografis antara 8°06' LS dan 120°55' BT.

Pada tahun 1913 dan 1946 Kawah Jonggring Saloka memiliki kubah dengan ketinggian 3.744,8 M hingga akhir November 1973. Disebelah selatan, kubah ini mendobrak tepi kawah menyebabkan aliran lava mengarah ke sisi selatan meliputi daerah Pronojiwo dan Candipuro di Lumajang.

Diperlukan waktu sekitar empat hari untuk mendaki puncak gunung Semeru pulang-pergi. Untuk mendaki gunung semeru dapat ditempuh lewat kota Malang atau Lumajang. Dari terminal kota malang kita naik angkutan umum menuju desa Tumpang. Disambung lagi dengan Jip atau Truk Sayuran yang banyak terdapat di belakang pasar terminal Tumpang




Pemandian Air Panas Cangar Wisatawan benar-benar akan dibuat kerasan berlama-lama berada di wisata pemandian air panas Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo Cangar. Di obyek wisata yang terletak di Dusun Cangar, Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Wisata Batu,Kabupaten Malang ini wisatawan bisa berendam hingga berjam-jam di kolam air hangat. Untuk masuk di kawasan wisata alam ini, anda cukup membayar Rp. 2.700 per orang.

Berbekal tiket ini, Anda bisa menikmati semua potensi wisata di kawasan ini. Tidak hanya kolam air hangat, anda pun bisa menikmati suasana alam sekitar yang masih perawan. Anda tidak perlu kaget menyaksikan aneka satwa hutan seperti monyet yang masih bisa hidup bebas. Satwa-satwa ini bebas bergelantungan di beberapa dahan pohon. Aksi para monyet ini tentu menjadi hiburan pelengkap berwisata pemandian air panas Cangar.

Selain bisa menikmati sensasi Air Terjun Coban Talun, Coban Rais lalu berendam di air panas Cangar, Anda juga bisa menelusuri rimbunnya Tahura Raden Soeryo. Kawasan ini sangat cocok untuk berkemah (camping). Disini anda juga bisa melihat dari dekat sumber mata air Arboretum yang menjadi penghidupan masyarakat di 14 Kota/Kabupaten di Jawa Timur. Di Arboretum, Anda bisa melihat secara langsung koleksi aneka tanaman langka dan Padang Rumput Lalijiwo yang terhampar luas seakan tanpa batas.


Gunung Bromo (dari bahasa Sansekerta/Jawa Kuna: Brahma, salah seorang Dewa Utama Hindu), merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.

Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.

Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.


Kisah Penawaran Upacara Kasada
Ratusan tahun yang lalu, pada masa pemerintahan raja Majapahit terakhir, Brawijaya, situasinya sangat tidak pasti karena agama baru berkembang, Islam. Pada saat itu, Ratu melahirkan seorang bayi perempuan dan menamai dia Roro Anteng, kemudian menikahi putri Joko Seger, seorang Kasta Brahma.

Karena pengaruh agama baru begitu kuat sehingga menciptakan kekacauan. Raja dan para pengikutnya terpaksa mundur ke timur, beberapa di antaranya mencapai Bali dan beberapa dari mereka mencapai gunung berapi.
Pasangan yang baru menikah, Roro Anteng dan Joko Seger juga ditemukan di antara para buronan yang pergi ke gunung berapi. Kemudian mereka menguasai wilayah gunung berapi dan menamakannya Tengger. Kata Tengger berasal dari Roro Anteng dan Joko Seger. Lalu ia bermarga dirinya riffle dari Purba Wasesa Mangkurat Ing Tengger yang berarti penguasa Tengger yang benar.


Museum Brawijaya
didirikan pada tanggal 4 mei 1968 museum ini diresmikan oleh Purnawirawan Dr. Soewondo.

Terletak di Jl. Brawijaya tepat di depan Perpustakaan Umum Kota
 Malang. Di Museum ini terdapat benda-benda bersejarah seperti Gerbong Maut (sebuah gerbong yang mengangkut 100 orang pejuang yang dimasukan paksa ke dalam gerbong tersebut oleh penjajah Belanda dari Bondowoso sampai Surabaya dengan semua pintu dan jendela dalam gerbong tertutup rapat, hanya 12 orang yang masih hidup dan 88 orang meninggal)

senjata yang dipakai penjajah saat menyerang bangsa Indonesia, mobil tahan peluru yang digunakan Bapak Alm. Soeharto, meja dan kursi yang digunakan untuk “Koverensi Meja Bundar”, bambu runcing yang pernah digunakan oleh Bapak Alm Soekarno dan masih banyak lagi.
 

Museum Brawijaya juga mempunyai semboyang yaitu ” CITRA UTHAPANA CAKRA” yang berasal dari bahasa Sansekerta, CITRA berarti Sinar, UTHAPANA berarti Yang Membangkitkan dan CAKRA yang berarti Kekuatan. Bila semua arti digabungkan adalah SINAR yang MEMBANGKITKAN KEKUATAN.
 Wisata Indonesia Surga Dunia


source

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Paramaya Themes | Bloggerized by himynameistrie - Premium Blogger Themes | Blogger Templates